Thursday, September 13, 2012

Katanya "Cold Air Induction (CAI)"

Berawal dari pertanyaan seorang teman di forum Ford Laser tentang produk yang dijual yang katanya bernama  "Cold Air Induction (CAI)"... <-- penjelasan tentang ini silahkan di cari sendiri :p

akhirnya saya mencoba bereksperimen membuat sendiri. berbekal informasi dari beberapa forum, blog, dan iklan produn tersebut, maka saya membuatnya dari bahan2 seadanya....

jalur yang saya pilih adalah dengan menyabang selang PCV, kemudian dibuat untuk CAInya...
setau saya cuman narik selang aja ke depan.


setelah dicoba, awalnya rpm mesin dalam keadaan idle naik... gas diinjek responya cepet, tapi setelah gas dilepas, rpm langsung drop dan mesin pincang/mbrebet... terus saya coba tutup ujung selang CAI dengan jari, rpm idle kembali normal. saya coba buka tutup rpm naik kembali. Ternyata dibutuhkan keran untuk mengatur debit udara yang masuk.

akhirnya ke toko akuarium untuk beli keran yang buat gelembung udara, sekalian batu gelembung....



gambar dari google






keranya dapet yang 3 jalur, saya pake hanya dua jalur. satu jalur ditarik ke depan, satu lagi ditari ke pipa AC yang dingin, dengan tujuan udara yang masuk suhunya dingin.

akhirnya setting keran untuk menyesuaikan debit udara yang masuk.

bahan2 yang saya pakai masih sangat mudah rusak. namanya juga cuman coba2. kalo misalnya efeknya terasa, saya akan ganti selang2nya, keran menggunakan keran untuk kompresor, dan selang yang ke pipa AC saya ganti dengan pipa tembaga. dan semua jalur saya beri peredam panas.

sebenernya pengen juga bikin Water Injection, tapi masih takut karat. :p

untuk hasil saya tidak tahu... karena baru nyoba masang aja. semoga hasilnya positif. (Hamil dong.... wkwkwkwkwkkwkwkwk)

No comments:

Arsip Electronic Music

2007an beberapa karya tercecer, sisa dikit... coba dikumpulin Ga bisa main alat musik kok mau bikin lagu, ya ga mungkin.... dari per...